Tags

,

oblivion-imax-poster-revised

Karya sastra, sebagai sebuah produk intelektual, memiliki peran dalam mencerdaskan bangsa. Sastra juga memberikan pengaruhnya dalam menyiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan. Karena itu, peran dan pengaruh sastra dalam transformasi budaya memang tidak boleh dipandang sebelah mata. Apresiasi terhadap sastra juga harus terus ditumbuhkan dan digalakkan jika kita benar-benar menginginkan Indonesia menjadi bangsa yang maju.

Prosa fiksi sains adalah jenis prosa yang di dalamnya memuat unsur-unsur ilmiah. Kelahiran fiksi sains telah banyak memberikan pengaruh pada kehidupan, khususnya dalam pengembangan sains dan teknologi yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Fiksi sains telah memberikan suntikan imajinasi kepada pembaca. Sementara imajinasi itu sendiri merupakan modal utama dalam pengembangan sains. Tidak heran jika para ilmuwan terkemuka mengakui kekuatan imajinasi. Terlebih lagi ketika kita mengingat berbagai penemuan sains yang terinspirasi dari karya fiksi. Ini membuktikan bahwa sains dan fiksi bisa saling mengisi. Antara fiksi dan sains bukanlah dua bidang keilmuwan yang bertolak belakang, melainkan bisa saling bersinggungan untuk kemudian menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kehidupan.

Karya-karya fiksi sains juga telah membantu menyebarluaskan dan mendekatkan masyarakat dengan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Letupan-letupan imajinasi yang muncul ketika membaca fiksi sains akan mendorong pembaca tergugah, tertantang, dan termotivasi untuk mengembangkan iptek lebih jauh.

Dalam sejarah sastra Indonesia, kemunculan fiksi sains memang belum lama dikenal, tetapi ia telah memberikan warna baru yang menyegarkan. Terlebih lagi beberapa karya fiksi sains yang terbit ternyata amat digemari pembaca. Hal itu merupakan sesuatu yang menggembirakan. Sebab fiksi sains punya peran dalam mengikis anggapan negatif sebagian orang tentang dunia sains.

Dengan membaca fiksi sains, kita akan tahu bahwa masalah-masalah sains itu tidak sempit, sains itu mudah dan menyenangkan, sains bukan hanya materi yang bisa dipelajari di kelas dan laboratorium. Sains juga bukan ilmu yang hanya digeluti oleh orang-orang tertentu, tetapi siapa pun perlu dan penting mempelajarinya. Demikian pula dengan karya fiksi sains, siapa saja boleh dan memiliki peluang untuk bisa menulis genri prosa fiksi ini.

Sumber: http://www.fiksi-sains.blogspot.com/2013/08/peran-dan-sumbangan-karya-sastra.html

Advertisements